Perbedaan Wuling Almaz Hybrid dengan Almaz RS, dari Tenaga Sudah Berbeda

Perbedaan Wuling Almaz Hybrid dengan Almaz RS, dari Tenaga Sudah Berbeda

Wuling Almaz Hybrid Concept melantai perdana di ajang IEMS 2022.-Foto: dok. Wuling-

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Jika Almaz RS yang hanya bermesin turbo ada gejala turbo lag di putaran rendah, maka di Almaz Hybrid, laju mobil terasa lebih sigap sejak start.

Jika butuh akselerasi lebih cepat yang ditandai dengan injakan pedal gas lebih dalam, komputer mobil akan mengerahkan motor listrik dan mesin bakar untuk bekerja simultan mempercepat laju mobil.

Kondisi ini berlanjut hingga kecepatan tinggi, baik melaju kencang secara konstan atau menyalip kendaraan di kecepatan jelajah, ICE dan motor listrik bisa bekerja secara parsial maupun simultan.

Mesin bakar yang dipilih Wuling adalah unit 1.999 cc 4 silinder aspirasi normal bertenaga 123 dk dan torsi 168 Nm.

BACA JUGA:Ini Besaran Harga Spare Part Fast Moving Honda WR-V

Pemilihan mesin bakar itu pun pas dengan sistem hybrid Almaz Hybrid.

Karena aspirasi normal, maka mesin punya grafik tenaga yang landai dan lebih halus untuk melajukan mobil atau sekadar mengisi baterai.

Lalu motor listrik yang menghasilkan 174 dk dan torsi masif 320 Nm memberi kelincahan dan juga kehalusan saat Almaz Hybrid berakselerasi.

Saat mode EV yang artinya mobil melaju hanya dengan motor listrik, rasa berkendara Almaz Hybrid jadi seperti mobil listrik murni yang hening dan tanpa suara.

BACA JUGA:Penyebab Motor Matic Terasa Ngempos Saat Menanjak, Periksa Bagian ini

Demi memberi ruang bagi baterai hybridnya yang berkapasitas 1,8 kWh, sistem suspensi belakang diubah dari independen menjadi torsion beam.

Format ini berkonsekuensi pada bantingan suspensi Almaz Hybrid yang jadi sedikit lebih keras dari Wuling Almaz RS yang masih independen.

Tapi soal traksi, rasanya masih sama baiknya karena toh habitat utama Wuling Almaz adalah SUV urban dengan medan yang lebih terprediksi.

BACA JUGA:Keunggulan Teknologi Baru Pada Helm, Akan Digunakan pada Pembalap MotoGP

Sumber: