Penyebab Bunyi Berisik di CVT pada Honda BeAT Karbu

Penyebab Bunyi Berisik di CVT pada Honda BeAT Karbu

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Pemilik motor lawas seperti Honda BeAT karbu harus lebih perhatikan kondisi part pada saat servis CVT.

Apalagi, Honda BeAT karbu memiliki penyakit khas yakni bunyi berisik yang bisa terdeteksi saat servis CVT.

Umumnya penyebab bunyi berisik di CVT Honda BeAT karbu ada di area bearing yang oblak.

Penyebab bunyi itu bisa bermacam-macam, tapi di Honda BeAT karbu ini seringnya masalah itu dari bearing CVT.

BACA JUGA:Ciri-ciri Wiper Mobil Harus Segera Diganti

Sering memang motor rutin servis CVT tapi tetap muncul bunyi akibat bearing CVT yang aus. Umumnya gejala itu tidak diiringi gejala lain seperti getar atau tarikan berat.

Posisi bearing CVT di Honda BeAT karbu terletak pada cover CVT.

Yang jadi masalah itu kalau bearing standar dia pakai bahan kuningan tanpa tutup sehingga rawan oblak.

Kalau sudah oblak, karena bearing ini berputar maka akan muncul bunyi klotok yang mengganggu saat jalan," bilangnya lagi.

Sebagai solusinya, Richard menyarankan pakai bearing aftermarket yang memiliki seal penutup.

Kode bearingnya itu 6002, misal kalian cari di toko atau online bisa cari bearing kode 6002 yang memiliki kode RS di belakangnya.

BACA JUGA:Simak, ini Jenis Pelek Mobil yang Tidak Bisa Diperbaiki, jangan Salah Beli

Tambahan kode RS sendiri pada bearing merupakan kependekan dari Rubber Seal, artinya sisi bearing sudah dilengkapi karet penutup.

Dan bearing lain dengan kode yang sama umumnya terbuat dari bahan full baja, tidak ada bagian yang terbuat dari bahan kuningan sehingga lebih awet.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait