Ciri Mobil Sudah Pernah Turun Mesin, Bagian ini Biasanya Terlalu Bersih

Ciri Mobil Sudah Pernah Turun Mesin, Bagian ini Biasanya Terlalu Bersih

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Mobil yang sudah pernah turun mesin merupakan mobil yang pernah mengalami riwayat kerusakan berat. 

Oleh karenanya, hindari mobil dengan kondisi seperti ini. Jika terlanjur beli, otomatis Anda akan mengeluarkan biaya dengan jumlah yang tidak sedikit.

Turun mesin terjadi karena pemilik jarang melakukan servis rutin, dengan sering mengabaikan kerusakan kecil yang terjadi. 

Sehingga kerusakan tersebut makin hari makin parah, lalu terjadilah turun mesin.

Dilansir dari Berbagai Sumber, ini Ciri-ciri mobil pernah turun mesin:

1. Ruang Mesin Mobil Terlalu Bersih

BACA JUGA:Pengertian Microsleep, Berbahaya Saat Mengemudi Kendaraan

Ketika akan membeli mobil bekas, Anda dapat memperhatikan ruang mesin mobil.

Mobil yang pernah turun mesin biasanya memiliki ruang mesin yang terlalu cling. Sudah pasti, karena saat turun mesin, otomatis seluruh komponen mesin akan diangkat, diperbaiki dan dibersihkan. 

Jadi, Anda perlu waspada jika menemukan mobil bekas yang memiliki ruang mesin terlalu bersih dan cling, ini menjadi hal yang harus dipertanyakan serta dipertimbangkan.

Jangan sungkan tanyakan penjual, apakah ini baru masuk salon atau memang 'sengaja' dibersihkan demi menyamarkan rembesan oli.

2. Suara Mesin Berbeda

Anda bisa merasakan performa mesin yang menurun saat test drive mobil, atau mendengar suara mesin yang berbeda dan aneh dari biasanya, penurunan RPM yang cepat dan banyak lagi. 

Hal ini bisa terjadi karena busi tidak bekerja secara maksimal karena berkerak atau korosi akibat oli yang masuk ke busi atau percikan apinya sudah menurun.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: