Gunakan Kebiasaan ini untuk Jaga Performa Mobil Bertransmisi Manual

Gunakan Kebiasaan ini untuk Jaga Performa Mobil Bertransmisi Manual

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Pengendara mobil bertransmisi manual tentu harus memahami berbagai informasi mengenai kebiasaan berkendara yang dapat mempengaruhi performa.

Kebiasaan pengendara mobil manual ternyata beragam. Namun perlu diperhatikan tiga hal ini agar mobil kamu nggak gampang rusak.

1. Netralkan Transmisi saat Berhenti

Beberapa pengendara ada yang memiliki kebiasaan seperti tidak memindahkan tuas transmisi ke posisi netral (N) saat berhenti atau menunggu lampu merah. Bahkan, ada yang memaksakan posisi kaki masih menginjak pedal kopling dan rem. 

Kebiasaan ini tentunya akan membuat otot kaki pengendara menjadi lebih cepat lelah. 

BACA JUGA:Ini Tips dan Langkah yang Dilakukan untuk Hilangkan Karat pada Bodi Mobil

Guna faktor keselamatan, menghindari kelelahan sekaligus menjaga komponen kopling agar lebih awet, Suzuki mengimbau pengendara untuk memindahkan tuas transmisi ke posisi netral dan menggunakan rem tangan saat posisi mobil dalam keadaan diam.

2. Hindari kebiasaan memegang tuas transmisi secara terus menerus

Beberapa pengendara memiliki kebiasaan seperti meletakkan tangannya di bagian tuas transmisi ketika mengemudi. Kebiasaan tersebut sebaiknya dihindari karena akan berpengaruh kepada kesigapan pengendara. Pengendara dianjurkan untuk melepaskan tangan setelah memindahkan tuas transmisi dan kembalikan posisi tangan di lingkar kemudi. 

Pentingnya posisi tangan selalu di lingkar kemudi adalah untuk memberikan keamanan, keselamatan dan kecepatan reaksi saat berkendara.

Dikutip dari Financial Express, tuas persneling biasanya terhubung ke selector fork yang telah didesain untuk melakukan kontak dengan roda gigi yang berputar dalam waktu singkat.

Bila Anda meletakkan tangan di tuas transmisi, maka akan memberikan tekanan pada selector fork tersebut sehingga membuatnya saling bergesekan. 

BACA JUGA:Simak, ini Penyebab Bodi Mobil Menjadi Keropos

Jika dilakukan terus menerus maka bisa membuat transmisi cepat aus.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: