Ini Kebiasaan yang Salah Saat Berkendara dengan Mobil Bertransmisi Manual

Ini Kebiasaan yang Salah Saat Berkendara dengan Mobil Bertransmisi Manual

Ilustrasi Mobil Manual-alexkich-Capture Freepik

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Kendaraan dengan transmisi otomatis menjadi popular dan sebagai pilihan favorit berkendara di perkotaan yang padat, namun mobil bertransmisi manual tetap banyak digunakan dan digemari.

Sama seperti matic, mobil bertransmisi manual juga tetap butuh perlakuan yang baik agar awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Dilansir dari Berbagai sumber, berikut kiat-kiat merawat mobil bertransmisi manual:

BACA JUGA:Begini Cara Efektif Cas Aki Mobil, Awas jangan Salah

Perilaku Menginjak Pedal Akselerator

Injak pedal akselerator secara perlahan ketika putaran mesin masih rendah. Saat melaju dengan kecepatan rendah pada gigi percepatan yang lebih tinggi, hindari perilaku menginjak pedal akselerator secara dalam dan mendadak, karena hal ini sama saja memaksa mesin untuk bekerja sangat keras.

Perilaku tersebut dapat menyebabkan tekanan dan beban yang tidak semestinya terjadi pada mesin, yang pada akhirnya akan berdampak pada performa dan keawetan mesin.

Jika pengendara memerlukan penambahan kecepatan, lebih baik pengendara menginjak pedal akselerator dengan perlahan atau dengan menurunkan gigi percepatan transmisi terlebih dahulu sebelum berakselerasi.

Deselerasi secara Halus

BACA JUGA:Disarankan Jangan Cat Bodi Mobil Listrik Pakai Oven

Dalam kondisi tertentu yang masih aman, penurunan kecepatan atau deselerasi dapat saja terjadi secara efisien tanpa banyak menginjak pedal rem secara dalam, asalkan urutannya sudah benar.

Di sini maksudnya, dengan urutan adalah perpindahan dari gigi percepatan tinggi ke gigi percepatan yang lebih rendah harus dilakukan. Misalnya saja Anda sedang berkendara pada gigi 4 maka tidak boleh langsung pindah ke gigi 2 apalagi gigi 1.

Perpindahan harus melalui gigi 3 terlebih dahulu sehingga perpindahan juga terjadi dengan lebih halus dan menjaga kualitas mesin, kecuali dalam kondisi emergency atau darurat untuk menurunkan percepatan kendaraan.

Engine Brake

Sumber: