Kenali Tanda-tanda Filter Bensin Mobil Perlu Diganti

Kenali Tanda-tanda Filter Bensin Mobil Perlu Diganti

Ilustrasi filter bensin-istimewa-google

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Bila ada kotoran atau material asing dari BBM yang menyumbat, maka dapat mengganggu performa mesin, bahkan merusak komponen mesin yang bekerja di dalam sistem injeksi BBM dan ruang bakar. 

Berikut tanda-tanda filter bensin wajib diganti.

1. Laju Mobil Tersendat

Kamu mungkin pernah mengalami laju mobil tersendat-sendat seperti mesin mau mati. Biasanya, penyebab utama masalah ini adalah filter bensin kotor atau tersumbat. Jika filter bensin tersumbat, maka sistem pembakaran menjadi tidak lancar dan mesin bermasalah.

2. Putaran Mesin Tidak Normal saat Idle

BACA JUGA:Waw, Mitsubishi Bagi-bagi Angpao Untuk Konsumen, Bisa Mendapatkan Diskon 5%-20%

Tanda lainnya yang bisa kamu rasakan adalah putaran mesin tidak normal dalam kondisi stasioner atau idle. Biasanya naik dan turun meskipun pedal gas tidak diinjak. Dan ketika putaran mesin dinaikkan, tetap tersendat seperti tidak ada tenaga.

3. Mesin Sulit Dinyalakan

Jika penyaring atau filter bahan bakar tersumbat atau kotor, aliran bahan bakar menjadi terbatas dan tidak konsisten. Akibatnya, mesin mobil menjadi susah untuk dinyalakan, bahkan sama sekali tidak bisa jika sudah mampat total.

4. Mesin Mati Mendadak

BACA JUGA:Catat, Teliti Beberapa Bagian Ini Jika Tertarik Membeli Mobil Avanza Bekas Taksi

Penyaring bensin yang tersumbat bisa membuat mesin mobil mati mendadak karena suplai bahan bakar berhenti total. Saat mesin membutuhkan tenaga ekstra seperti ketika membawa muatan penuh atau menanjak, distribusi bahan bakar tidak cukup, bahkan berhenti sehingga mesin mati.

5. Lampu Indikator Check Engine Menyala

BACA JUGA:Ini Kebiasaan yang Salah Saat Berkendara dengan Mobil Bertransmisi Manual

Sumber: