Jangan Langsung Panik Jika Indikator Injeksi Mobil Nyala, Bisa Jadi Karena Hal ini

Jangan Langsung Panik Jika Indikator Injeksi Mobil Nyala, Bisa Jadi Karena Hal ini

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Sesuai namanya, indikator engine check ini berfungsi untuk memberi kode atau notifikasi jika ada masalah saat mesin melakukan pengecekan mandiri.

indikator engine check yang menyala terus menerus pada mobil ini disebabkan ada sensor yang membaca sesuatu yang abnormal pada mobil.

Tak selalu soal kerusakan parah, bisa jadi beberapa hal ini yang menyebabkan indikator engine check menyala.

1. Cek Kondisi Aki

BACA JUGA:Ada Teknologi Baru pada Jok di Nissan Terra, Zero Gravity Seats

Saat lampu indikator engine check menyala terus menerus, bisa jadi kondisi aki mobil perlu diperiksa atau dicek.

Anda bisa mencabut kabel konektor negatif pada bagian aki, kemudian tunggu minimal tiga detik. Kalau sudah, coba pasang kembali konektor ke posisi semula.

Jika lampu indikator check engine masih menyala, berarti masalah bukan berasal dan aki. Lantas kita perlu memeriksa bagian lainnya.

2. Filter Udara Kotor

BACA JUGA:Simak Fitur Keselamatan Baru pada Nissan Kick E-Power

Menurut Auto2000, komponen dari mobil yang error dan membuat indikator engine check menyala bisa jadi datang dari filter udara yang kotor.

Secara umum, filter udara berfungsi untuk menentukan jumlah bahan bakar yang harus digunakan mesin. Hal ini membuatnya memiliki kaitan erat dengan sensor mass air flow.

Udara yang disuplai ke ruang bakar akan terhambat karena filter udara sudah kotor. Akhirnya sensor mass air flow menjadi rusak. 

Dengan kerusakan ini, lampu indikator injeksi bisa langsung menyala secara otomatis untuk memberikan peringatan kepada anda.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: