Yuk Bersihkan Tangki Motor dari Karat Agar Tidak Gampang Mogok, Simak di Sini Ya

Yuk Bersihkan Tangki Motor dari Karat Agar Tidak Gampang Mogok, Simak di Sini Ya


Tangki Motor Bebek|Istimewa|istimewa

OTOMOTIFXTRA.COM - Mesin motor bisa mogok kalau sistem pembakarannya tidak sempurna lantaran terhambat kotoran atau kerak. Bagaimana bisa bisa ada kerak?

Paling sering, kerak datang dari tangki yang karatan. Selanjutnya karat tersebut terbawa bensin, hinga masuk ke sistem pembakaran. 

Alhasil, karat memberi sumbatan pasokan bahan bakar ke mesin. Kemudian, motor kamu jadi mogok. Oleh  karenanya, kamu harus cegah hal tersebut terjadi.

Cara paling mudah dalam merawat tangki motor adalah dengan selalu mengisi penuh bensin. Jangan mengisi bensin sedikit-sedikit, karena alasan tidak punya uang.

Pasalnya, hal itu bakal berakibat karat di dalam tangki. Nanti uang yang keluar bisa lebih besar lagi kalau benar terjadi.

Kenapa isi penuh tangki bisa mencegah karat? Udara merupakan salah satu komponen penyebab karat, terlebih saat bercampur dengan air. Kehadiran air di dalam tangki juga sesuatu yang lumrah.

Air bisa datang saat kamu mencuci motor dengan kompresor (khususnya motor batangan) serta dapat pula melalui hujan, tidak ketinggalan, mengisi bensin eceran pun bisa menjadi salah satu penyebab air masuk ke tangki. Kalau memang sudah berkarat, hilangkanlah karatnya!

BACA JUGA: Makin Ciamik Tampilan Kelir Baru Vespa GTS Super 150 dan GTS Super Tech, Harga Gak Berubah?

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membersihkan tangki dari karat, namun Sebelum melakukan pembersihan, Keluarkan seluruh bensin dari dalam tangki menggunakan selang yang dihubungkan ke wadah penampungan, bisa dengan cara disedot menggunakan selang lewat lubang atas tangki.

+++++

Setelah benar-benar tidak ada bensin, lepas tangki dari body motor kamu, hati-hati ya biar motor kamu tetap aman. Jangan lupa simpan baut-baut yang penting biar enggak hilang.

Isi tangki dengan bensin bersih ke dalam tangki, tutup tangki, lalu kocok-kocok sampai karat yang ada di dalam tangki terlepas dari dinding tangki.

Atau kamu bisa menggunaka cairan HCL (asam chlorida) sebagai cairan pengganti bensin. Kamu bisa ulang proses ini sampai karat benar-benar bersih dari dalam tangki motor kamu.

Kalau kamu kesulitan membuang karat di dalam tangki, kamu bisa pakai amplas besi (amplas halus). Proses ini lumayan sulit, hati-hati saja jangan sampai ada kertas amplas yang sobek dan tertinggal didalam tangki.

Lakukan pengamplasan secara perlahan-lahan saja. Jangan terlalu kasar saat mengamplas karena dikhawatirkan bisa merusak tangki dan mengakibatkan kebocoran. Kalau sudah kamu bersihkan, kamu bisa mengelapnya pakai spons.

Terakhir kembali cuci tangki pakai bensin yang bersih, jangan menggunakan air, karena air bisa menyebabkan karat, lalu keringkan, dan pasang kembali tangki bensin tadi ke motor kamu.

Kalau kamu merasa tidak mampu membersihkan sendiri masalah pada tangki, ada baiknya untuk membawanya ke bengkel. Lakukan pengecekan secara rutin setiap bulannya agar karatan atau pengerakan bisa dicegah.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: