Lampu Indikator Check Engine Terus Menyala?, Lakukan Tips ini!

Lampu Indikator Check Engine Terus Menyala?, Lakukan Tips ini!


Lampu Indikator Check Engine Mobil|Istimewa|google

OTOMOTIFXTRA.COM - Setiap mobil injeksi pasti dilengkapi dengan lampu Indikator check engine. Check engine di kendaraan akan selalu menyala saat kunci kontak diposisikan ke On dan akan mati dengan sendirinya jika mesin sudah hidup. Hal itu merupakan yang wajar dan kendaraan normal.

Namun jika check engine masih menyala saat mobil hidup, kemungkinan ada komponen yang berhubungan dengan mesin mengalami masalah. Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya segera bawa mobil kebengkel resmi atau bengkel yang mempunyai alat On board Diagnostic (OBD).

Namun sebelum membawa ke bengkel, ada tips langkah awal yang bisa dilakukan sendiri untuk mengecek kerusakan yang mengakibatkan lampu indikator check engine menyala.

BACA JUGA : Sabun Bayi Baik Untuk Membersihkan Interior Mobil dari Virus COVID 19, Begini Cara Buatnya

Tips ini, bisa dilakukan untuk semua merk mobil, turk, SUV, dan kendaraan, hal ini terlihat dari tips yang diberikan beberapa laman resmi produsen atau distributor mobil di Indonesia.

Seperti yang ditulis oleh laman, Daihatsu.co.id, auto2000.co.id, dan hyundaimobil.co.id, semua laman ini memberikan informasi tips tentang pengecekan yang bisa dilakukan sendiri oleh pengguna mobil, jika check engine menyala. 

Pada halaman berikutnya, Otomotifxtra akan merangkum tips dari ketiga laman tersebut.

+++++


Tutup Tangki bahan bakar mobil|carmudi|carmudi.co.id

Bisa disimpulkan, tips dari ketiga laman resmi tersebut, bisa diaplikasikan pada mobil Daihatsu, Toyota, dan Hyundai.

Secara garis besar, lampu Indikator check engine menyala saat mobil dalam keadaan hidup, diakibatkan adanya gangguan akbiat kelebihan atau kekurangan suplai bahan bakar, udara, dan pengapian pada mesin.

Maka Langkah awal yang diambil adalah memeriksa dan melakukan perbaikan pada bagian-bagian berikut :

Lakukan pengecekan pada suku cadang yang berkaitan dengan pengapian yaitu Busi, kabel busi, dan accu.

  • Untuk busi dan dan kabel busi bisa juga dirasakan kinerja mobil yang tersendat-sendat, hal ini mudah diatasi dengan mengganti busi atau memperbaiki kabel businya.
  • Sedangkan gangguan pada accu terjadi karena tegangan accu yang tidak stabil biasanya mengganggu kinerja ECU dan mengakibatkan sensor-sensor yang ada di mobil terganggu, langkah mudah yang bisa diambil adalah, mencopot kabel accu negatif, diamkan selama beberapa detik, lalu Pasang kembali dengan baik.
  • jika tidak berhasil mungkin ada sensor yang kotor atau copot, hal ini bisa diperbaiki dengan cara membersihkan atau mengencangkan Kembali.
  • Jika tidak berhasil juga ganti sensor, hal ini harus dilakukan di bengkel

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: