Mitsubishi Luncurkan Kei-Car Bertenaga Listrik, Mampu Menempuh hingga 180 Km

Mitsubishi Luncurkan Kei-Car Bertenaga Listrik, Mampu Menempuh hingga 180 Km


Mitsubishi Motors memperkenalkan Kei-Car bertenaga listrik, all-new eK X EV di Jepang.|Foto: dok. MMC|

TOKYO, OTOMOTIFXTRA – Mitsubishi Motors Corporation memperkenalkan Kei-Car bertenaga listrik, bernama all-new eK X EV di Jepang.

Mobil mungil ini akan dijual dalam afiliasi penjualan nasional pada platfrom e-commerce di Rakuten Ichiba musim kemarau di Negeri Sakura tersebut.

All-new eK X EV dibanderol dengan harga dari 2.398.000 hingga 2.932.600 yen (termasuk pajak konsumsi 10 persen) atau setara dengan Rp275 jutaan hingga Rp336 jutaan.

BACA JUGA: Mitsubishi Motors akan Rilis Mobil Konsep Kei EV dan Ralliart Concept Car pada Tokyo Auto Salon 2022

Bahkan, bagi pelanggan yang menerima subsidi sebesar 550.000 yen atau sekitar Rp63 juta dari harga pembelian aktualnya, cukup ditebus dengan 1.848.000 yen atau setara Rp212 juta (termasuk pajak konsumsi 10 persen).

eK X EV merupakan kendaraan listrik (EV) baru yang masuk kategori eK X series, seri kei-car Mitsubishi bercita rasa SUV.

Model baru ini memiliki kabin yang luas dan menyenangkan serta kemudahan penggunaan seperti eK X, kei-car lainnya.

BACA JUGA: Posisi Duduk Saat Mengemudi, Perhatikan 5 Hal Ini

Dengan gaya seperti SUV yang bertenaga dilengkapi dengan suku cadang eksklusif dan warna two-tone baru yakni Mist Blue Pearl dan Copper Metallic.

Di dalam kabin terdapat layar LCD berukuran 7 inci dan tuas shift elektrik diadopsi untuk memberikan fungsionalitas lebih sebagai EV.

Model baru ini menawarkan jarak tempuh yang cukup untuk penggunaan sehari-hari dengan jarak tempuh 180 kilometer per pengisian daya.

+++++


Mitsubishi Motors memperkenalkan Kei-Car bertenaga listrik, all-new eK X EV di Jepang.|Foto: dok. MMC|

Kei-car ini dilengkapi dengan baterai penggerak yang baru dikembangkan dengan total kapasitas daya 20 kilowatt (kWh).

Kapasitas baterai tersebut dapat diandalkan dalam keadaan darurat dan dapat digunakan sebagai sumber daya listrik yang nyaman untuk peralatan melalui adaptor V2L.

Selain itu, dengan perangkat V2H, ini juga membantu meringankan masalah pasokan dan permintaan daya dengan memungkinkan daya digunakan di rumah atau untuk mengisi daya kendaraan.

BACA JUGA: Juni 2022, Kejuaraan Motocross MXGP Bakal Hadir di Indonesia

All-new eK X EV tersedia dalam dua varian, yakni varian G yang dilengkapi LCD 7 inci dan Mode Operasi Pedal Inovatif.

Sedangkan varian P dilengkapi fitur tambahan termasuk SOS Emergency Assistance dan sistem navigasi Smartphone-link (SDA) 9 inci sebagai standar.

Kendaraan dilengkapi dengan dua port pengisian – pengisian biasa (AC200V/14.5A), yang membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk mencapai pengisian penuh, dan pengisian cepat, yang membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk menyelesaikan pengisian 80 persen.

BACA JUGA: New XPANDER jadi Mobil Paling Laris Mitsubishi di GIIAS 2021

Hal ini memungkinkan kenyamanan ekstra, dengan port pengisian daya biasa yang digunakan di rumah dan port pengisian cepat yang digunakan selama perjalanan jarak jauh.

Dengan penerapan sistem pendingin dari AC dalam baterai penggerak yang dapat mengatur kenaikan suhu di baterai, tingkat pengisian daya yang tinggi dapat dipertahankan bahkan setelah mengemudi kecepatan tinggi berulang kali dan pengisian cepat.

+++++


Mitsubishi Motors memperkenalkan Kei-Car bertenaga listrik, all-new eK X EV di Jepang.|Foto: dok. MMC|

Mobil ini memiliki torsi maksimum 195 Nm atau hampir dua kali lipat dari model turbo bensin, dan performa redaman motor juga telah ditingkatkan untuk mencapai berkendara yang mulus dan bertenaga.

Mobil ini punya tiga mode berkendara yang dapat dipilih, Mode normal, yang optimal untuk berkendara di kota; Mode Eco, yang mengurangi output motor untuk meningkatkan konsumsi daya; dan mode Sport, memberikan respons throttle yang tajam dan responsive.

Kendaraan ini dapat berkendara dengan menggunakan Mode Operasi Pedal Inovatif yang memungkinkan kontrol akselerasi dan deselerasi hanya dengan mengoperasikan pedal akselerator.

BACA JUGA: Dominasi Mitsubishi Xpander AP4 di Kejurnas Sprint Rally 2021 Putaran 3, Rifat Sungkar Berhasil Menduduki Posisi Tertinggi di kelas M1 dan Umum.

Hal ini dapat mengurangi beban pengemudi saat mengoperasikan kendaraan dengan memberikan gaya pengereman yang sesuai, tanpa perlu beralih dari pedal akselerator ke pedal rem saat melambat.

Ketika diperlukan deselerasi yang lebih kuat atau untuk berhenti total, pedal rem tetap harus digunakan.

Fitur yang tertanam pun cukup canggih, yang menggunakan sistem pendukung parkir MI-PILOT untuk dapat membantu kelancaran parkir.

BACA JUGA: Mitsubishi Motors Indonesia Berkomitmen Selalu Berikan Layanan Terbaik

Sistem secara otomatis mendeteksi kemungkinan posisi parkir dan dapat menangani parkir mundur, parkir maju, atau parkir paralel (varian P).

eK X EV baru juga dilengkapi dengan Adaptive Cruise Control (ACC) dan Lane Keep Assist (LKA) yang berfungsi mengurangi beban pengemudi dengan menjaga jarak aman dari kendaraan di depan dan tetap berada di dekat pusat jalur.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: