Bosch Siap Dukung Perkembangan Mobil Listrik Di Indonesia

Bosch Siap Dukung Perkembangan Mobil Listrik Di Indonesia

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM- Bosch Indonesia siap dukung perkembangan kendaraan listrik di dunia. Sejumlah peluang dibuka oleh Bosch untuk menjalin kerjasama dengan para Agen Pemegang Merek (APM) yang akan produksi kendaraan listrik di Indonesia.

 

Hal itu dikatakan oleh Bernard Simanjuntak selaku Sales Director of Original Equipment Bosch Indonesia.  "Kalau produknya kita punya basic teknologinya, tergantung nanti maunya seperti apa. Kita bisa persiapkan," katanya saat press conference bersama media di Kuningan, Jakarta. Kamis (16/6/2022).

 

Selain suplai untuk APM, Bosch mengaku pihaknya juga memiliki teknologi untuk produk aftermarket. Karenanya, perusahaan saat ini masih menunggu perkembangan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.

 

"Tentu line antara suplai ke pabrik dan aftermarket kita punya teknologi keduanya. Jadi kalau kesiapan kami sudah siap karena memang di luar negeri juga sudah mulai banyak penggunaan kendaraan listrik," ujar Bernard.

 

BACA JUGA:Industri Otomotif Pulih, Pendapatan Bosch Ikut Terkerek Naik 23%

 

Tak hanya kendaraan roda empat, Bosch menegaskan bila saat ini pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan satu perusahaan motor listrik yakni Viar.

 

"Kami saat ini kerjasama dengan Viar terkait penyediaan ECU sama motor penggeraknya. Untuk di Indonesia kerjasama yang dilakukan baru terjalin dengan Viar Q1," tuturnya.

 

Kesiapan terkait aftermarket diungkapkan Griselda Iwandi selaku Country Sales Director of Automotive Aftermarket lebih mengarah pada modul pelatihan. Dengan hal ini pihaknya siap memberikan training bagi sejumlah bengkel terkait kesiapan mekanik.

 

BACA JUGA:Permintaan Membludak, Astra Isuzu Beradu Cepat Dapatkan Kuota Mu-X dan D-Max

 

"Kalau jaringan aftermarket kami sudah siapkan modul training. Di negara lain mobil listrik sudah lebih berkembang, jadi kami sudah siapkan untuk hybrid dan EV. Bila ada bengkel umum tertarik mau upgrade skill bagaimana maintenance perawatan kami siap memberikan pelatihan," tegas Griselda .

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: