AHM Luncurkan New Honda ADV160, Dijejali Fitur Canggih Harganya Segini

AHM Luncurkan New Honda ADV160, Dijejali Fitur Canggih Harganya Segini

 


AHM meluncurkan New Honda ADV160 dengan tampil makin elegan.|Foto: dok. AHM|

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA – PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan skuter matik New Honda ADV160, Jumat (1/7/2022).

Tak hanya punya tampang baru yang makin tangguh, tapi juga lebih bertenaga dengan mesin baru 160cc 4 katup eSP+ (enhanced Smart Power Plus).

Skutik premium ini juga punya jok lebih rendah dipadukan ground clearance tinggi, serta semakin canggih berkat fitur HSTC (Honda Selectable Torque Control).


Jajaran manajemen AHM saat peluncuran New Honda ADV160.|Foto: dok. AHM|

President Director AHM, Keiichi Yasuda menjelaskan, bahwa New Honda ADV160 hadir sebagai jawaban dari keinginan konsumen terhadap motor besar penjelajah jalanan ataupun untuk penggunaan harian.

"Pembaharuan yang disematkan mulai dari desain urban explorer yang tangguh dan kokoh, performa responsif mesin baru, kenyamanan yang meningkat, hingga penyematan fitur-fitur canggih," ujarnya.

BACA JUGA: Wahana Mulai ‘Panaskan Mesin’ SMK Binaan Buat Berlaga di Kontes Mekanik AHMBS 2022

Desain baru

New Honda ADV160 kini berbodi samping belakang mempunyai penampang lebih lebar, dan bodi samping depan semakin tajam membuat ruang pijakan kaki (step floor) lebih luas.

Berubahnya bentuk bodi samping menambah luas volume bagasi yang kini sebesar 30 liter, naik 2 liter dari model sebelumnya.

Dari tampilan depan, desain lampu tidak berubah dengan LED dan daytime running lights (DRL) yang modern.

+++++


AHM meluncurkan New Honda ADV160 dengan tampil makin elegan.|Foto: dok. AHM|

Di belakang, skutik ini dilengkapi lampu stop dan lampu sein LED, dipadukan dengan sepatbor dengan desain layaknya motor besar.

Two step adjustabe windshield-nya membuat aerodinamika semakin baik, plus Windscreen yang dapat disesuaikan 75 mm dalam dua tingkat ketinggian.

Tinggi jok kini menjadi 780 mm, atau lebih rendah 15 mm dari sebelumnya, dipadukan dengan ground clearance cukup tinggi, yakni 165 mm.

Kombinasi tersebut semakin memberikan kenyamanan pengendara saat menjelajah berbagai kondisi jalan.

BACA JUGA: Jelang HUT ke-50, Wahana Sumbang Kaki Palsu ke Para Penyandang Disabilitas

Desain suspensi depan kokoh dengan penyematan wavy disc brake sebesar 240mm pada roda depan dan220 mm pada roda belakang.

Pada bagian belakang, disematkan twin subtank rear suspension untuk memberikan kenyamanan dan kestabilan optimal pada saat menikung, jalan bergelombang dan berboncengan.

Juga dipasang tapered handle bar dan ban semi dual purpose berukuran besar 110/80 – 14 (depan) serta 130/70 – 13 (belakang) semakin memberikan kesan gagah dan tampil beda.

+++++


AHM meluncurkan New Honda ADV160 dengan tampil makin elegan.|Foto: dok. AHM|

Mesin dan Fitur

New Honda ADV160 didukung mesin 160cc 4 katup, berpendingin cairan, eSP+ dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI.

Mesin baru tersebut mampu mendukung gaya berkendara pengguna dengan tenaga yang lebih besar, mencapai 11,8 kW @8.500 rpm. Torsi pun berlimpah hingga 14,7 NM @6.500 rpm.

Berdasarkan hasil tes internal dengan metoda WMTC-Euro 3, konsumsi bahan bakar disebut bisa capail 45 km/liter (fitur ISS on).

Dengan tangki bensin terisi penuh, ADV160 mampu menempuh jarak hingga 364 km.

BACA JUGA: Wahana Tebar Kebaikan di Dua Panti Asuhan di Tangerang

Demi kemudahan berkendara, panel meter full digitalnya berdesain baru, memiliki layar besar dan berkesan tangguh.

Pengguna kini bisa mendapatkan informasi putaran mesin (takometer/ rpm meter) dan trip duration (elapsed time).

Tombol pengaturan dipisah, terletak di antara handle bar dan panel meter.

+++++


AHM meluncurkan New Honda ADV160 dengan tampil makin elegan.|Foto: dok. AHM|

Selain dua hal baru tersebut, informasi lain yang didapat antara lain indikator aki dan indikator suhu luar (yang pertama di kelasnya).

Juga bisa lihat konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar instan, indikator penggantian oli mesin, jam, Trip A dan Trip B.

New Honda ADV160 telah ditunjang Honda Smart Key dan alarm system dan USB charger pada console box dengan daya maksimal 5V 2,1A, menggantikan power charger pada model lama.

Fitur keselamatan lainnya, ada Anti-lock Braking System (ABS) dan Combi Brake System (CBS) dengan triple pots hydraulic.

BACA JUGA: PT Wahana Makmur Sejati Sedia Layanan Mobile Service Untuk Group atau Kelompok, Seperti yang dilakukan kepada FORWOT


New Honda DV160 hadir dalam dua varian dan 6 pilihan warna.|Foto: dok. AHM|

Khusus tipe ABS, disematkan teknologi Honda Selectable Torque Control (HSTC). Fitur yang biasa disematkan pada big bike dan motor-motor premium Honda.

Fitur itu berfungsi untuk membatasi torsi mesin jika terdeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang, sehingga menghindari potensi terjadinya ban selip.

Selain itu, fitur ESS (Emergency Stop Signal) tetap menjadi andalan, yang secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat melakukan pengereman mendadak.

+++++


AHM meluncurkan New Honda ADV160 dengan tampil makin elegan.|Foto: dok. AHM|

Teknologi ini berguna untuk memberikan peringatan ke pengendara di sekitarnya terutama pada posisi di belakang kendaraan untuk menghindari kemungkinan kecelakaan.

ACG starter melengkapi kemampuannya agar tetap halus saat mesin dinyalakan. Fitur ini bergandengan dengan ISS (Idling Stop System) khas Honda.

New Honda ADV160 dipasarkan dengan dua tipe, ABS yang diniagakan Rp39,25 juta dan CBS dengan harga Rp36 juta.

BACA JUGA: Dukung Prestasi Anak–Anak Pengungsi Afghanistan Yayasan Wahana Artha Donasikan Sarana Latihan Karate

Skutik Honda ini tersedia dengan total 6 varian warna dengan tipe ABS ada tiga warna, yakni Tough Matte Black, Tough Matte Red, dan Tough Matte White.

Pada tipe ini, emblem di samping bodi semakin manis dengan laburan warna Burn Titanium, begitu pula dengan pelek dan handle bar.

Sementara itu tipe CBS, ada tiga pilihan warna, yakni Dynamic Black, Dynamic Red, dan Dynamic White.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait