Isuzu Andalkan Mesin Commonrail Hadapi Era Standar Emisi Euro4

Isuzu Andalkan Mesin Commonrail Hadapi Era Standar Emisi Euro4


Lini produk Isuzu yang telah beralih ke mesin diesel standar Euro4.|reza|

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA – Penerapan standar emisi Euro4 pada mesin kendaraan diesel sudah diterapkan sejak April 2022 lalu.

Hal itu tertuang dalam surat yang diterbitkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan No S 786/MENLHK-PPKL/SET/PKL.3/5/2020 tertanggal 20 Mei 2020.

Semua produsen otomotif kendaraan komersial yang dipasarkan di Tanah Air, wajib memenuhi produksi truk dan bus mereka sesuai regulasi tersebut.

Sementara, anjuran untuk beralih ke Euro4 itu sendiri sudah tertuang didalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017.

BACA JUGA: Isuzu Mu-X dan D-Max Digandrungi Pebisnis Migas, Ternyata Karena Ini

Terlepas dari dinamika penerapan Euro4, perlu diketahui juga bagaimana kesiapan bahan bakar minyak (BBM) untuk mendukung kebijakan tersebut. 

Isuzu sebagai produsen yang memproduksi kendaraan niaga bermesin diesel sudah mempersiapkan diri sejak tahun 2011.

10 tahun lalu, pabrikan asal Jepang itu memperkenalkan Isuzu GIGA, kendaraan medium truk yang sudah mengimplementasi mesin commonrail.

BACA JUGA: Permintaan Membludak, Astra Isuzu Beradu Cepat Dapatkan Kuota Mu-X dan D-Max

Product Development Division Head PT Astra Isuzu Motor Indonesia (IAMI), Tonton Eko, menjelaskan bahw selain GIGA, Isuzu jufa memperkenalkan produk Elf NMR 81 yang sudah menggunakan mesin commonrail.

"Selanjutnya pada 2019, Isuzu Indonesia juga melakukan ekspor perdana Isuzu Traga ke negara Filipina yang sudah menggunakan mesin dengan standard Euro4," ucap Tonton beberapa waktu lalu.

+++++


Lini produk Isuzu yang telah beralih ke mesin diesel standar Euro4.|reza|

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: