Daihatsu Ajak Komunitas Training Safety Driving, Pakar Bilang Begini

Daihatsu Ajak Komunitas Training Safety Driving, Pakar Bilang Begini


Daihatsu menggelar acara Training & Sertifikasi Pelopor Ayo Aman Berlalu Lintas di Jateng.|Foto: dok. ADM|

JAWA TENGAH, OTOMOTIFXTRA - Daihatsu menggelar acara Training & Sertifikasi Pelopor Ayo Aman Berlalu Lintas di Astra Daihatsu Majapahit, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (11/7/2022). 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada 60 peserta seputar pentingnya safety driving untuk meminimalisir angka kecelakaan di jalan raya. 

Perlu diketahui, acara yang dihadiri Sahabar Klub Daihatsu ini merupakan kelanjutan dari rangkaian acara Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) yang telah diadakan di Bali, Mandalika, dan Surabaya.

"Selain pembekalan berupa edukasi tentang safety driving, Daihatsu juga berkomitmen untuk mencetak Para Pelopor Aman Berlalu Lintas di jalan raya" ujar Ferry, Kepala Wilayah PT Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) untuk area Jawa Tengah dan DIY, dalam keterangan resminya, Senin (4/7).

BACA JUGA: Penjualan Daihatsu Naik 34,7% pada Januari - Mei 2022

Pada acara ini, Daihatsu juga menghadirkan pakar safety driving, yaitu Sony Susmana, selaku Senior Instruktur SDCI (Safety Defensive Consultant Indonesia).

Ia pun memberikan tips seputar safety driving. Pertama soal manuver, yang sering diartikan sebagai reaksi pengemudi ketika melakukan tindakan seperti zig-zag, selap selip, pengereman mendadak, berbelok, dan kondisi khusus lainnya.

BACA JUGA: Daihatsu New Sirion Meluncur, City Car Dibanderol Rp200 Jutaan

Dijelaskannya, manuver dibagi menjadi 2 kategori, yaitu manuver ekstrim, dan manuver aman. Kalau manuver ekstrim dapat berdampak buruk ketika pengemudi tidak dapat mengontrol kendaraannya dan berujung terjadinya selip. 

"Sedangkan manuver aman yaitu, pengemudi selalu dalam kontrol emosi yang stabil dan dengan penuh tanggung jawab," ungkapnya.

+++++


Daihatsu menggelar acara Training & Sertifikasi Pelopor Ayo Aman Berlalu Lintas di Jateng.|Foto: dok. ADM|

Nah biar makin paham dalam mendukung manuver aman, ada 4 hal utama yang harus diperhatikan. Yaitu Operational (Driving technic), Seat position (Ergonomis & dinamis), Pergerakan/kecepatan (lingkungan), dan Track area (Lurus, Jumping & tikungan).

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: