Diuji 140 km, Seberapa Irit Konsumsi BBM Ertiga Hybrid?

Diuji 140 km, Seberapa Irit Konsumsi BBM Ertiga Hybrid?


Pengujian konsumsi bahan bakar minyak (BBM) All New Ertiga Hybrid.|Foto: dok. PT SIS|

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA - Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) All New Ertiga Hybrid mampu mencatatkan rata-rata 22,11 km/liter bagi transmisi manual dan 19,66 km/liter untuk transmisi otomatis.

Hasil itu didapatkan dari metode full to full yang pengujiannya dilakukan dari rute perkotaan yang padat dan pegunungan yang naik turun, dengan total jarak 140 km.

Perlu diketahui, pengujian ini dilakukan oleh para awal media saat mengikuti lomba uji efisiensi konsumsi bahan bakar.

Sebelum melakukan perjalanan, tangki bahan bakar mobil diisi penuh menggunakan bensin dengan RON 98. Agar hasil optimal, AC di semua mobil pun diatur pada suhu yang sama kemudian disegel.

BACA JUGA: Kiat Merawat Baterai Lithium-ion pada All New Ertiga Hybrid

BACA JUGA: Eksplorasi Fitur Keselamatan Aktif di Balik Kenyamanan All New Ertiga Hybrid

Setelah sampai di finish point, semua tangki bensin mobil diisi kembali menggunakan jenis bahan bakar yang sama hingga penuh, lalu dilihat selisih penggunaannya untuk mendapatkan hasil akhir.

Hasil lomba uji efisiensi konsumsi bahan bakar All New Ertiga Hybrid ini merupakan angka rata-rata yang didapat setelah awak media melakukan perjalanan dari Batu menuju Surabaya.

Konsumsi bahan bakar setiap kendaraan sendiri dapat memiliki hasil akhir yang berbeda-beda tergantung pada banyak faktor.

+++++


Pengujian konsumsi bahan bakar minyak (BBM) All New Ertiga Hybrid.|Foto: dok. PT SIS|

Mulai dari kebiasaan, bobot pengemudi dan penumpang, teknik, dan cara berkendara, kondisi medan jalanan dan lalu lintas, serta pemakaian kelistrikan, seperti audio, lampu, atau AC.

Selain menggunakan teknologi yang tepat, pengendara juga harus memastikan kendaraan melaju pada kecepatan optimal (bukan maksimal) guna menghemat penggunaan bahan bakar.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: