Suzuki Dapat Fasilitas Eksklusif untuk Ekspor ke Negara Asean

Suzuki Dapat Fasilitas Eksklusif untuk Ekspor ke Negara Asean


Suzuki Indonesia mendapatkan fasilitas eksklusif berupa kemudahan proses ekspor dari Bea Cukai Indonesia.|Foto: dok. PT SIS|

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA - Berkat kinerja ekspor yang positif, Suzuki Indonesia mendapatkan fasilitas eksklusif berupa kemudahan proses ekspor dari Bea Cukai Indonesia.

Pabrikan berlogo "S" ini terpilih untuk menjadi bagian dari proses pembentukan Asean AEO MRA (bagian dari Bea Cukai Asean).

Nantinya, melalui MRA perusahaan akan mendapatkan kemudahan ekspor ke berbagai negara-negara Asean.

Adapun proses Validasi Bersama tersebut dilakukan oleh anggota Bea Cukai Asean saat kunjungan ke pabrik Suzuki di Cikarang pada 5-6 Juli 2022.

BACA JUGA: Goda Konsumen, Suzuki Siapkan Hadiah Mobil Bagi yang Menjajal All New Ertiga Hybrid

Dari kunjungan tersebut, Suzuki Indonesia dinilai telah memenuhi prosedur keamanan dengan baik.

Fauziah A Sani, Chair of the Subworking Group on Asean AEO MRA menjelaskan, pihaknya senang melihat program ini berjalan dengan baik dan Suzuki Indonesia bersikap kooperatif untuk mendukung program.

"Kami juga berdiskusi dengan Dirjen Bea Cukai Indonesia mengenai penerapan prosedur keamanan yang konsisten dan sesuai. Kami harap program ini dapat diimplementasikan di 10 negara Asean pada 2025," ujar Fauziah melalui siaran tertulisnya, Senin (11/7).

+++++


Suzuki Indonesia mendapatkan fasilitas eksklusif berupa kemudahan proses ekspor dari Bea Cukai Indonesia.|Foto: dok. PT SIS|

Di waktu yang sama, Agus Sjunedro, Kepala Seksi Sertifikasi AEO, mengatakan, di awal tahun, Validasi Bersama pernah dilakukan secara virtual, namun ada hal-hal yang perlu ditindaklanjuti terkait masalah kerahasiaan data.

"Kali ini, pelaksanaan Validasi Bersama dilakukan di Indonesia sebagai tuan rumah yang pertama. Selama dua hari, para anggota melakukan assessment kepada Bea Cukai Indonesia dan Suzuki," jelasnya.

Soal kemudahan-kemudahan ekspor, Suzuki bakal akses, seperti proses clearance lebih cepat di negara tujuan, pengamanan supply chain, serta pengakuan tingkat kepatuhan prosedur yang setara di antara negara-negara Asean.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: