Sabet Juara dari Formula Bharat, Tim Mobil Listrik Arjuna UGM Siap Tampil di Australia

Sabet Juara dari Formula Bharat, Tim Mobil Listrik Arjuna UGM Siap Tampil di Australia


Tim Arjuna EV UGM Raih Juara di ajang kompetisi PI-EV Concept Challenge 2022.|Foto: dok. Arjuna UGM|

YOGYAKARTA, OTOMOTIFXTRA – Tim mobil listrik Arjuna Universitas Gadjah Mada (UGM) meraih juara pada kompetisi PI-EV Concept Challenge 2022 yang diselenggarakan Formula Bharat secara daring.

Kompetisi kali keenam yang berlangsung sejak Mei hingga Juni 2022 ini diikuti oleh 21 team yang berasal dari India dan Indonesia.

Dari puluhan team tersebut, Arjuna UGM berhasil menyabet predikat juara di kategori Software and Intelligence Integration dan 3rd Place Procurement Strategy serta 4th Place overall PI-EV 2022 Event.

Sebelumnya, tim asal Yogyakarta ini juga berhasil menjadi juara dalam kompetisi Sustainable Electric Vehicle Design yang masuk dalam rangkaian Jakarta Formula E-Prix 2022.

BACA JUGA: Wujudkan Mimpimu, Beli Mobil Wuling Ada Promo Menggiurkan di Mall Ini

PI-EV Concept Challenge 2022 sendiri merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Curiosum Tech Private Limited dengan nama Formula Bharat India.

Ajang ini bertujuan untuk mendorong tim mobil mahasiswa agar beralih mengembangkan penelitian tentang teknologi mobil listrik.

Terdapat 6 kategori yang dilombakan, mulai dari FMEA Report, Procurement Strategy Report, Team Management Report, Software Integration Report, Design Specifications Sheet Report (DSS) dan Engineering Design Presentation (EDP).


Kompetisi PI-EV Concept Challenge 2022.|Foto: dok. Arjuna UGM|

BACA JUGA: Bamsoet Boyong 2 Unit MG 5 GT, Pilihan Warnanya Jadi Pusat Perhatian

Sebagai pemenang dalam Kategori Software and Intelligence Integration, Bonaventura Riko Kumara Datta selaku penanggung jawab menjelaskan, konsep yang diusungnya memiliki keunggulan dimana terdapat penggunaan arsitektur modular.

"Penggunaan modular itu membuat sistem terbagi ke dalam lingkup fungsi yang sama sehingga memudahkan troubleshooting dan juga distribusi data," ujarnya melalui keterangan resminya, Kamis (14/7/2022).

Sementara, Ketua Tim Kompetisi menyatakan, bahwa Tim Arjuna berencana untuk mengikuti perlombaan Formula SAE Australasia yang bertempat di Victoria, Australia pada Desember 2022 mendatang.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber

Berita Terkait