Tak Terduga! Ternyata Fungsi Flushing Saat Ganti Oli pada Kendaraan Sangat Penting, Salah Satunya Bikin Tarikan Mesin Enteng?

Tak Terduga! Ternyata Fungsi Flushing Saat Ganti Oli pada Kendaraan Sangat Penting, Salah Satunya Bikin Tarikan Mesin Enteng?


Flushing dilakukan mekanik bengkel guna membersihkan ruang penampung oli dan ruang mesin dari oli lama atau kotoran yang masih mengendap||Dok. OX

"Istilah flushing muncul ketika Anda melakukan penggantian oli mesin pada kendaraan. Dilakukan mekanik agar oli lama di bak penampungan dan ruang mesin bersih sempurna."

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Bagi pemilik mobil yang masih awam atau pemula, mungkin pernah dengar istilah flushing saat melakukan servis kendaraannya di bengkel.

Paling utama ketika akan servis perawatan rutin kendaraan dan salah satu ritualnya adalah ketika mengganti oli lama dengan yang baru.

Flushing atau pembilasan adalah proses pembersihan ruang tampung oli mesin pada kendaraan Anda.   

Caranya, saat flushing mekanik menyemprotkan angin menggunakan kompresor ke dalam ruang mesin saat penggantian oli tersebut.

BACA JUGA:Siap-siap! Komunitas Motor RORI Bakal Padati Bandung, Bikers Wajib Ikut

BACA JUGA:Cuma Tiga Hari, Vaksin Booster di Jakarta Fair Berhadiah Yamaha

Lalu kenapa mekanik melakukan flushing, apa pula gunanya dan adakah dampaknya terhadap kinerja mesin kendaraan?

Intinya, mekanik melakukan flushing untuk menjaga kualitas oli yang baru agar tetap optimal.

Pasalnya, dengan cara flushing akan mendorong oli yang mengendap di celah-celah sempit mesin yang berada di chamber oli.

Tujuan lainnya, yaitu untuk menghilangkan serpihan-serpihan logam atau gram-gram dari komponen mesin yang tersisa saat proses sirkulasi pelumasan terjadi.

BACA JUGA:Sabet Juara dari Formula Bharat, Tim Mobil Listrik Arjuna UGM Siap Tampil di Australia

BACA JUGA:Selamat dari Paparan Sinar Ultraviolet, Begini Cara Praktis Perawatan Kaca Film di Mobil Anda, Cukup Gunakan Cairan ini!

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber