Agustus Ini Truk Listrik Fuso eCanter Bakal Diuji Coba di Pulau Dewata

Agustus Ini Truk Listrik Fuso eCanter Bakal Diuji Coba di Pulau Dewata

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA - PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi Fuso di Indonesia akan melakukan uji coba truk listrik ringan eCanter Agustus 2022.

Rencananya uji coba kepada konsumen bakal dilakukan di Pulau Bali. Ini akan menjadi pertama kalinya truk eCanter diuji coba dalam operasional sehari-hari di Indonesia.

Hal tersebut tertuang dalam konferensi pers ‘EV Smart Mobility-Joint Project’ yang diselenggarakan oleh lima merek otomotif Jepang di Nusa Dua, Bali (27/7/2022).

Presiden Direktur KTB Nobukazu Tanaka dalam keterangan persnya mengatakan, uji coba yang dilakukan merupakan bentuk dukungan yang lebih besar.

Terutama dalam proses transisi menuju pengurangan emisi pada sektor industri transportasi, sejalan dengan target pemerintah Indonesia untuk mencapai karbon netral.

Truk listrik eCanter tersebut rencananya akan digunakan untuk mendistribusikan bahan baku ke pabrik dan medukung pengiriman dengan rute di daerah Denpasar, Bali.

Sehingga diharapkan dari aktifitas ini, KTB dan MFTBC dapat mengumpulkan data dan masukan berharga sebanyak-banyaknya, mengenai kebutuhan pelanggan dan tantangannya selama tahap eksplorasi ini.

“Kami akan memulai Proof of Concept (uji coba) eCanter di Bali dengan konsumen, perusahaan yang berpengalaman. Kami memastikan akan mengambil langkah baru di era EV Indonesia,” kata Tanaka.

Menurutnya, di bawah arahan kuat dari pemerintah Indonesia, Fuso ingin berkontribusi menuju karbon netral dengan teknologi canggih yang mereka miliki.

“Untuk mencapai hal tersebut, kami perlu memperlajari kebutuhan pasar yang sebenarnya dengan cara melakukan komunikasi dengan intens bersama dengan konsumen,” jelasnya.

Sebagai informasi, eCanter adalah truk listrik yang diproduksi secara massal dan dikembangkan oleh MFTBC.

Mitsubishi Fuso mengklaim, eCanter dihadirkan sebagai solusi untuk masalah lingkungan perkotaan seperti kebisingan, gas buang serta emisi CO2.

Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2017, model ini ditetapkan sebagai truk listrik seri pertama yang diproduksi di pasar Jepang.

Setelah diluncurkan, Fuso eCanter telah mendukung bisnis logistik dan industri lainnya dalam masa transisi netralitas CO2 yang berkelanjutan.

Teknologi motor listrik eCanter dikatakan Fuso mampu menghasilkan lebih sedikit kebisingan dan getaran dibandingkan kendaraan bertenaga diesel konvensional.

Model ini sangat cocok untuk menempuh rute-rute di dalam kota, serta peruntukkan operasional malam dan dini hari.

Sejauh ini, lebih dari 350 kendaraan eCanter telah dikirim ke pelanggan di Jepang, Eropa, Australia, dan Selandia Baru. Secara kolektif telah menempuh jarak lebih dari 4,5 juta Km di seluruh dunia.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: