Jelang GIIAS 2022, Gaikindo Gencar Edukasi Ekosistem Kendaraan Listrik

Jelang GIIAS 2022, Gaikindo Gencar Edukasi Ekosistem Kendaraan Listrik


Presiden Joko Widodo saat mencoba mobil listrik Mitsubishi Minicab MiEV saat di GIIAS 2021 lalu|Setpres|

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA – Guna mengangkat industri otomotif, GIIAS Talk hadir mengajak para komunitas roda empat dan roda dua untuk mengenal lenih jauh mengenai elektrifikasi pada kendaraan.

Kegiatan yang berlangsung pada 30 Juli 2022 lalu, GIIAS Talk mengangkat tema “New Era of Electric Vehicles Experience”.

Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara menyampaikan bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar terhadap kendaraan listrik, baik kendaraan penumpang, komersial dan juga roda dua.

"Kita memiliki pemikiran serta kekhawatiran yang sama mengenai keberlanjutan perubahan tenaga, dalam hal ini bahan bakar. Maka dari itu kita mencari sumber tenaga baru yang bisa digunakan untuk kita semua. Dan yang tengah ramai dibicarakan adalah mengenai Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB),” ujarnya.

BACA JUGA: Digelar Minggu Depan, Segini Harga Tiket GIIAS 2022

Kukuh juga menambahkan bahwa populasi pasar otomotif cukup tinggi, yang apabila menggunakan energi listrik, maka tentu akan banyak penghematan penggunaan energi fosil.

Gaikindo, kata dia, akan tetap berupaya untuk membantu pemerintah dalam hal peningkatan elektrifikasi pada kendaraan.

"Kendaraan listrik potensinya luar biasa, Indonesia punya sumber daya yang terus dikembangkan dan dimanfaatkan untuk menghasilkan sumber tenaga listrik," tuturnya.

BACA JUGA: Minum Bahan Bakar Tepat Bisa Mengoptimalkan Kinerja Mesin Mobil

Salah satu narasumber GIIAS Talk, Aries Aditya Putra dari channel Electric Mobility (ELMO) mengatakan bahwa kendaraan listrik memiliki banyak keuntungan.

"Mulai dari konsumsi energi yang lebih murah, pajak kendaraan, bebas emisi serta program ganjil genap dan juga perawatan pada kendaraan listrik yang lebih murah," ucapnya.

“Bisa dibayangkan pada mobil listrik yang harganya 800 jutaan, pajak tahunannya hanya sekitar 1,1 jutaan karena masih mendapatkan insentif dari pemerintah. Begitu juga dengan motor listrik, pajaknya hanya sekitar Rp50 ribu z.zalam satu tahun,” lanjutnya.

BACA JUGA: Sebelum Memboyongnya, Simak Fungsi MID pada Suzuki All New Ertiga Hybrid

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: