Mengulik Teknologi WISE dan ADAS pada Wuling Almaz RS

Mengulik Teknologi WISE dan ADAS pada Wuling Almaz RS


Wuling Almaz RS sematkan teknologi WISE dan ADAS.|Foto: dok. Wuling|

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA - Wuling Motors tak berhenti membuat gebrakan berupa inovasi dan teknologi terkini pada jajaran produknya.

Setelah fitur perintah suara berbahasa Indonesia yaitu WIND, kali ini ada yang tak kalah canggih, yakni Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE).

Inovasi WISE inu diimplementasikan pada SUV pintar Wuling Almaz RS, dengan menyajikan turunan teknologi yang terdiri dari Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Menurut Dimas Agus, App Operation Wuling Motors, inovasi WISE pada Almaz RS memungkinkan penggunanya untuk mengeksplor lebih mendalam serta melakukan personalisasi.

"Mengenai fitur-fitur yang tergabung dalam Internet of Vehicle, konsumen harus dapat mengetahui keseluruhan fungsi agar dapat menggunakan beragam fitur yang dimiliki secara optimal," ucap Dimas.

BACA JUGA:Baterai Wuling Air ev Telah Diuji, Hasilnya Mencengangkan

BACA JUGA:Wuling Air ev Muncul di Bali Sebelum G20, Agendanya Ternyata Ini

Lebih jauh ia menjelaskan, bila fitur IOV ini memberikan berbagai kendali dalam genggaman pengguna dengan adanya koneksi antara ponsel pintar dengan Almaz RS yang dimilikinya.

"Pemilik yang punya (Almaz) RS cukup men-download aplikasi My Wuling+ pada smartphone-nya, kemudian melakukan registrasi akun, mengikat kendaraan, serta mendaftarkan kunci Bluetooth di aplikasi tersebut," jelasnya.

+++++


Wuling Almaz RS sematkan teknologi WISE dan ADAS.|Foto: dok. Wuling|

Dijelaskan dia lagi, nantinya akun tersebut hanya pemilik Almaz RS yang registrasi yanh bisa mengakses.

Jika ingin meminjamkan kendaraan ke orang lain, pengguna bisa melakukan pengaturan pada pilihan ‘Manajemen Otorisasi Kunci’.

"Pastikan orang lain yang diberikan otorisasi akses kunci telah memiliki email akun My Wuling+ yang sudah diaktivasi," ungkapnya.

BACA JUGA:Membedah Fitur Berkelas MPV Wuling New CortezBACA JUGA:Ciptakan SDM Berkualitas, Wuling Gandeng Sekolah Kejuruan di Malang

Dia menambahkan, pengguna juga bisa melakukan preset navigasi untuk bisa menentukan terlebih dahulu tujuan navigasi bahkan sebelum memasuki kendaraan.

"Navigasi akan aktif secara otomatis sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya saat setelah ponsel terinterkoneksi secara screen cast dengan headunit," kata dia lagi.

"Fitur menarik lainnya ialah interkoneksi ponsel yang memungkinkan pengguna untuk memproyeksikan aplikasi pada smartphone ke layar headunit yang dapat dilakukan secara nirkabel dan kabel," sambungnya.

+++++


Wuling Almaz RS sematkan teknologi WISE dan ADAS.|Foto: dok. Wuling|

Di waktu yang sama, Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors menjelaskan kecanggihan dari fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Menurutnya, sistem ini berisi berbagai fitur yang membantu mengurangi beban kerja pengemudi sehingga meningkatkan aspek keselamatan sekaligus kenyamanan.

"Sensor berupa radar dan kamera resolusi tinggi berperan sebagai indera tambahan untuk membaca kondisi lalu lintas dan situasi lingkungan sekitar yang akan diproses oleh sistem sehingga kendaraan memberi respon yang sesuai," ujarnya.

BACA JUGA:Perjalanan Wuling Selama 5 Tahun, Cetuskan Berbagai Inovasi Unggulan hingga KiniBACA JUGA:Wuling Rilis Harga Mobil Listrik Air ev, Pesan Sekarang Siapkan Dana Segini

Danang menjelaslan, Fitur-fitur ADAS memiliki beberapa syarat dan batasan agar dapat aktif. Oleh karena itu, pengguna Almaz RS sangat perlu mempelajari dan memahami buku manual kendaraan sebelum berkendara.

"Misalnya, untuk mengaktifkan fitur bantuan jelajah adaptif (adaptive cruise), seluruh pintu harus tertutup rapat, pengemudi harus menggunakan sabuk pengaman, transmisi ada di posisi D, sistem ESC aktif, dan rem parkir tidak aktif," kata dia.

“ADAS bersifat sebagai bantuan, dan tidak menggantikan peran utama pengemudi. Tiap pengemudi harus selalu waspada dan bertanggung jawab terhadap kondisi lalu lintas dan tetap aktif merespon keadaan sekitar," tutupnya.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: