Tunggangan Kombinasi Offroad dan Petualangan Aprilia Tuareg 660 Siap Diajak Melahap Segala Medan

Tunggangan Kombinasi Offroad dan Petualangan Aprilia Tuareg 660 Siap Diajak Melahap Segala Medan


Aprilia Tuareg 660 berasal dari orang yang tinggal di Sahara yang terkenal akan ketangguhannya|Aprilia|

JAKARTA, OTOMOTIFXTRAPara pengendara motor penyuka petualangan dan offroad kiranya semakin dihibur oleh kehadiran pendatang baru, Aprilia Tuareg 660.

Motor adventure Aprilia Tuareg 660 semakin melengkapi family Aprilia 660, yang sebelumnya sudah diisi Aprilia RS 660 dan Aprilia Tuono 660.

Pihak Aprilia mengklaim, sejauh ini motor Tuareg 660 dirancang dan dikembangkan untuk menjadi kombinasi offroad dan petualangan, hasilkan sinergi untuk melahap berbagai medan.

BACA JUGA:Wah, Untuk Pertama Kalinya Honda Boyong N-Box ke Indonesia dan Kongkow di Kafe Ini

Managing & Country CEO PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega mengatakan, Tuareg 660 didesain buat mereka yang ingin berpetualang di segala kondisi jalan.

“Menawarkan kebutuhan performa tinggi, kelincahan serta pengalaman riding menyenangkan di berbagai medan jalan. Siap jelajahi setiap sudut lanskap Indonesia yang indah,” ucap Marco.

Nama Tuareg sendiri memiliki arti ‘manusia bebas’. Berasal dari nilai inti dalam budaya orang-orang Tuareg dari Gurun Sahara.

BACA JUGA:Mercedes-Benz Axor Euro 4 Rambah Kota Makassar, Truk Logistik Jadi Andalan

Orang Tuareg dikenal dengan kemampuan bertahan hidup dan keahlian eksplorasi, bahkan di lingkungan yang paling sulit sekalipun.

Desain Aprilia Tuareg 660 adalah hasil pekerjaan yang dilakukan oleh PADC (Piaggio Advanced Design Center), departemen gaya terdepan dari Piaggio Group di Pasadena, California.

Solusi unik dan inovatif dipilih untuk fairing atas, hanya terdiri dari plexiglass yang luas. Bagian transparan ini terbuat dari jenis polimer tekno yang spesifik.

Diperkaya dengan imbuhan material fiberglass yang juga berfungsi sebagai struktur pendukung klaster instrumen.

Sistem pencahayaan full LED pada Tuareg 660, yakni mencakup unit lampu depan ringkas baru yang menampilkan DRL perimeter.

+++++


Aprilia Tuareg 660 mengusung mesin 1100 cc V4|Aprilia|

Kluster instrumen TFT digital berwarna ukuran 5 inci. Memberi tampilan optimal dari berbagai parameter. Dilengkapi sensor senja, menyesuaikan kecerahan dengan kondisi pencahayaan sekitar.

Pertama kalinya di kategori ini, memperkenalkan konsep double fairing yang berfungsi sebagai pelengkap aerodinamis. Sebelumnya berhasil diperkenalkan pada Aprilia RS 660 dan Tuono 660.

Tidak ada panel samping klasik di bawah jok Tuareg 660, digantikan dua panel yang dapat dilepas saat memasang set pannier samping agar tetap lebih dekat ke badan kendaraan.

BACA JUGA:Mitsubishi Fuso Niagakan 6.077 Unit Truk dan Bus pada Juni - Agustus 2022, Dikuasai Truk Kepala Kuning

Arsitektur sasis ApriliaTuareg 660, hampir serupa seperti keluarga Aprilia street bike lainnya. Bertujuan  meningkatkan standar baik di dalam maupun di luar jalan.

Bedanya adalah pada Tuareg 660 dirancang untuk penggunaan ‘tugas berat’ untuk berkendara off-road yang menantang, dengan kapasitas kargo signifikan sebagai faktor tambahan.

Aprilia dikatakan menjadi yang pertama memperkenalkan kontrol throttle Ride by Wire, pada Aprilia MotoGP pada 2002 dan pada pabrik kendaraan roda dua pada 2007.

Saat ini menawarkan Aprilia Performance Ride Control (APRC), sebuah paket kontrol elektronik yang dikembangkan di kompetisi tingkat atas.

BACA JUGA:Solid! Honda Racing Indonesia Pimpin Klasemen ISSOM 2022

Dilengkapi akselerator multimap Ride by Wire elektronik untuk kontrol throttle yang disetel dengan baik, halus, dan progresif dari putaran mesin rendah.

Paket APRC pada Aprilia Tuareg 660 yang dikembangkan khusus untuk model ini, meliputi Aprilia Traction Control (ATC).

Yakni merupakan kontrol traksi yang dapat disesuaikan ke 4 level atau dinonaktifkan, ditandai dengan logika kinerja tinggi dan pengoperasian yang disetel dengan baiki.

Lalu Aprilia Cruise Control (ACC), untuk mempertahankan kecepatan yang disetel tanpa menyentuh kontrol throttle, sangat berguna saat bepergian.

Kemudian Aprilia Engine Brake (AEB), sistem untuk mengontrol engine brake saat menutup throttle, dapat disesuaikan sampai 3 tingkat.

Serta Aprilia Engine Map (AEM), 3 pemetaan mesin berbeda tersedia untuk mengubah karakter mesin dan cara menghasilkan tenaga. Fitur ini tidak mengubah daya maksimum yang diberikan.

+++++


Aprilia Tuareg 660 tawarkan kombinasi offroad dan petualangan menyenangkan|Aprilia|

 

Katalog lengkap aksesori yang didedikasikan untuk Tuareg 660 juga mencakup Aprilia Quick Shift (AQS). Yaitu gearbox elektronik, memungkinkan perpindahan gigi begitu cepat tanpa menutup throttle atau menggunakan kopling.

Hal tersebut juga telah dilengkapi dengan fungsi downshift, untuk memungkinkan kopling dengan lebih sedikit downshifting.

Supaya mengoptimalkan pengalaman berkendara, dan memudahkan pengendara beradaptasi, Aprilia menyematkan empat Riding Mode khusus untuk Tuareg 660.BACA JUGA:Kabar Baik! Tiket Nonton Balap WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika Resmi Dijual, Ada Harga Spesial

Dari empat mode riding yang ada, dua didedikasikan untuk berkendara di jalan raya, satu khusus untuk berkendara offroad, dan satu lagi dapat disesuaikan sepenuhnya.

Secara detail, empat mode riding tersebut adalah Urban, untuk berkendara sehari-hari, dikalibrasi dengan mempertimbangkan keselamatan; ABS aktif di kedua channel.

Mode Explore, untuk perjalanan di jalan, dikalibrasi agar pengendara dapat menikmati rute sepenuhnya. ABS aktif di kedua channel.

Riding mode Offroad, khusus untuk pengendaraan offroad, dengan minimum kontrol traksi dan engine brake.

Pemetaan mesin ini adalah yang paling mudah diatur dalam hal pengiriman daya. ABS dinonaktifkan pada rem belakang dan juga dapat dinonaktifkan pada rem depan.

BACA JUGA:Mahalnya Harga Bensin, Begini Cara Menghemat BBM pada Kendaraan

Terakhir adalah mode riding Individual, yang memungkinkan pengendara mempersonalisasi kontrol elektronik sepenuhnya.

Motor dengan bobot yang hanya 187 Kg tanpa cairan ini memiliki mesin 1100cc V4, ditopang kinerja twin-cylinder 660 ultra-modern 80 HP yang menghadap ke depan.

Mesin dengan pengurangan masa horizontal dan lateral, memungkinkan kebebasan desain out of the box. Baik dalam hal mengatur intake dan exhaust, serta untuk arsitektur sasis yang sesuai berbagai jenis struktur.

BACA JUGA:Jamin Layanan Purna Jual, Mclaren Bersama Eurokars Hadirkan Outlet Baru di Jakarta

Rangkaian warna Aprilia Tuareg 660 mencakup Acid Gold, yang telah diperkenalkan pada Aprilia RS dan Aprilia Tuono. Sebagai opsi ini paling menonjolkan desain inovatif Aprilia Tuareg 660.

Tersedia pula dalam warna Indaco Tagelmust yang ikonik, dan secara eksplisit terinspirasi skema warna ApriliaTuareg Wind 600 pada 1988.

Tentunya hal yang tak kalah penting perihal harga. Dikatakan, Aprilia Tuareg 660 telah ditawarkan dengan harga Rp656 juta on the road Jakarta. Berminat?

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: