Cinta Tanah Air Rimba Raid Team Indonesia Siap Reli Sambil Promosi Wisata di Malaysia

Cinta Tanah Air Rimba Raid Team Indonesia Siap Reli Sambil Promosi Wisata di Malaysia

JAKARTA, OTOMOTIFXTRARimba Raid Team Indonesia (RRTI) siap bertarung pada ajang reli internasional bertajuk Rimba Raid, yang digelar di Taman Negara, Malaysia (23-25/8/2022).

Diperkenalkan di booth 7Gear Otobursa, Senayan, beberapa waktu lalu. RRTI merupakan satu-satunya tim reli yang bakal mewakili Indonesia, dengan anggota tim Adet Vriono dan Rial Hamzah.

“Tahun ini kedua kalinya kami ikut ajang Rimba Raid. Turun di kelas B motor 250 - 900cc dua silinder dan kelas C motor 250 - 900cc single silinder,” kata Hamzah, Selasa (6/8/2022).

Adet Vriono yang biasa dipanggil Kang Adet dipersiapkan memacu Honda CRF Rally Indonesia lansiran 2017, dengan mesin didongkrak menjadi 300cc.

BACA JUGA:Kontes Modifikasi Daihatsu Dress Up e-Challenge Kembali Tantang Generasi Milenial Indonesia dan Malaysia

Spesifikasi lain dari motor tersebut adalah suspensi belakang Ohlins, kaki-kaki dan set up suspensi depan spesial racikan tim Syndicate Motor Indonesia.

Sementara tunggangan Rial Hamzah adalah Kawasaki Versys X250, yang juga telah dilakukan penyesuaian setingan mesin, komponen kaki-kaki dan perlengkapan adventure.

“Target kami berdua selain masuk 5 besar, sebenarnya juga mempromosikan destinasi pariwisata Indonesia,” kata Kang Adet.

Demi memuluskan rencana tersebut, strategi Kang Adet adalah berbekal pengalaman pada 2019. Yaitu menjaga kontrol motor, body dan konsisten menghemat waktu serta penggunaan aksesoris motor yang hanya sesuai peruntukkannya.

BACA JUGA:Tunggangan Kombinasi Offroad dan Petualangan Aprilia Tuareg 660 Siap Diajak Melahap Segala Medan

“Semua harus diatur dengan baik, karena rute lomba yang  menantang dan sangat menguras tenaga dengan jarak 200 Km dalam satu hari,” ungkapnya.

Mereka pun harus konsisten menjaga catatan waktu pada setiap check point. Karena setiap peserta bersaing dengan catatan waktu masing-masing, untuk mengoptimalkan hasil akhir.

Menjaga keamanan jika motor teguling atau terjadi insiden, kedua motor telah dilengkapi aksesoris crashbar sytem Coriaz Motoadventure.

Sedangkan aksesoris perlengkapan pendukung berkendara, menggunakan 7gear dan Woolf. Tiga brand lokal tersebut akan sekalian diuji kualitasnya langsung di ajang internasional Rimba Raid.

Kedua unit motor tim RRTI beserta kelengkapannya akan dikapalkan menuju Port Klang, Malaysia, berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok.

Nantinya tim akan berkendara dari Kuala Lumpur, Malaysia. Dilanjutkan menuju lokasi acara di Taman Negara, dengan berkendara bareng peserta lain.BACA JUGA:Wah, Untuk Pertama Kalinya Honda Boyong N-Box ke Indonesia dan Kongkow di Kafe Ini

Sebagai informasi, Kang Adet dan Hamzah kendati mewakili Indonesia, tetap status mereka sebagai tim privateer.

Mengendarai tunggangan Honda dan Kawasaki yang sudah dimodifikasi sesuai regulasi yang diijinkan. Yakni sebatas penggunaan kelengkapan standard kompetisi di medan offroad.

Untuk gambaran, Rimba Raid Taman Negara Malaysia 2022 merupakan ajang reli motor yang sudah digelar sejak 2015.

Tahun ini diikuti peserta dari berbagai negara, di antaranya wakil Asia Tenggara, Eropa, China, Canada dan Selandia Baru.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: