Lakukan Hal ini Segera Jika Mobil Terendam Banjir, Diantaranya jangan Nyalakan Mesin

Lakukan Hal ini Segera Jika Mobil Terendam Banjir, Diantaranya jangan Nyalakan Mesin


Ilustrasi Banjir-R Satrio Adhy P-

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Dimusim penghujan saat ini pasti para pemilik kendaraan wa-was dengan kondisi kendaraannya.

Apalagi jika mobil terpaksa menerjang banjir untuk mencapai tujuan sipengendara.

Nur Imansyah Tara selaku Aftersales Business Division Head Auto2000 menjelaskan bahwa jangan pernah memaksakan melewati jalan banjir karena berisiko mobil mogok. 

Cari rute alternatif atau tunggu hingga banjir surut, jika memang terpaksa dan mobil terjebak banjir, Dilansir dari Disway.id, ada 5 langkah mudah jika mobil terendam banjir:

BACA JUGA:Penampakan Yamaha All New Aerox Versi Malaysia

1. Jangan Menyalakan Mesin Mobil

Jangan pernah mencoba menyalakan mesin jika mobil mogok ketika melewati jalan banjir karena ada risiko terkena water hammer. 

Termasuk ketika mobil terendam banjir saat parkir, jangan pernah menyalakan mesin untuk memindahkannya meskipun terlihat aman dari luar. 

Water hammer adalah kondisi dimana air telah masuk dalam ruang bakar, jika dipaksakan menghidupkan mesin akan berdampak pada kerusakan seputar klep dan piston.

+++++

2. Lepaskan Kabel Aki dan Hati-Hati Saat Memeriksa Komponen Mobil

Mobil akan terhindar dari risiko korsleting alias hubungan arus listrik pendek yang bisa membuat komponen kelistrikan rusak jika melepaskan kabel dari kepala aki. 

Komponen pengapian seperti busi, saringan udara, koil, alternator, serta kabel-kabel dan sambungannya rawan rusak jika terkena banjir. 

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait