Isu Mobil Listrik Susah Lewat Tanjakan, ini Pembuktiannya

Isu Mobil Listrik Susah Lewat Tanjakan, ini Pembuktiannya

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Meski karakter mobil listrik yang punya tenaga dan torsi berlimpah belum tentu bisa melewati tanjakan curam.

Namun, ternyata isu tersebut hanya isapan jempol belaka.

Dengan powertrain dan konstruksi mobil listrik justru lebih mudah lewat tanjakan curam.

Kenapa? Jawabannya, pertama, sejumlah pakar menilai dari karakter energi listrik yang dihasilkan.

BACA JUGA:Jika Mengalami Kick Starter Motor Matic Macet, Jangan Dipaksa, Segera Lakukan ini

Energi listrik bisa menyalurkan tenaga sebagai energi penggerak dalam waktu singkat hitungan detik.

Jadi bisa dibilang energi listrik nyaris tanpa jeda linear penyaluran tenaga untuk menggerakkan roda.

Saat melewati tanjakan output tenaga listriknya sama, tapi discharge baterainya meningkat.

Sebagian besar mobil listrik menggunakan transmisi reduction gear percepatan tunggal.

BACA JUGA:Penyebab Stir Mobil Bergetar saat Kecepatan Tertentu

Reduction gear berfungsi untuk mereduksi putaran motor traksi yang puluhan ribu rpm supaya lebih capable untuk memutar roda penggerak.

Penyaluran tenaga singkat dan cenderung direct, gejala loss power di tanjakan bisa lebih direduksi

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber