Beberapa Kerusakan saat Motor Dirasa Hilang Kompresi

Beberapa Kerusakan saat Motor Dirasa Hilang Kompresi

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Penyakit motor hilang kompresi atau sering disebut loss kompresi wajib diwaspadai seluruh pemilik motor jenis apapun.

Umumnya, masalah mesin motor hilang kompresi ini diakibatkan oleh ring piston yang sudah lemah atau rusak.

Paling sering memang ring piston yang lemah bikin oli masuk ke ruang bakar sehingga akhirnya bikin kerak di area piston.

Kerak di area piston khususnya bagian ring bisa membuat ring tidak maksimal dalam mengembang dan menahan kompresi.

BACA JUGA:Penjelasan Inreyen pada Motor Baru, Masih Perlu atau tidak

Efeknya adalah kompresi jadi loss atau bocor, kalau sudah parah tentu bisa bikin motor mogok.

Tapi tentu saja ring piston yang lemah atau macet bukan satu-satunya penyebab mesin hilang kompresi.

Penyebab lain loss kompresi adalah kerak yang menempel pada klep.

Klep sendiri berfungsi sebagai katup yang terbuka dan tutup untuk mengalirkan bahan bakar dan udara serta gas hasil pembakaran di ruang bakar.

BACA JUGA:Cara Bedakan Aki Motor Lama dan yang Baru, Awas Tertipu

Saat klep tertutup oleh kerak maka dalam kondisi tertentu klep posisinya menutup tidak sempurna atau sedikit terbuka.

Hal itu membuat kompresi mesin bocor dan akhirnya bikin tarikan mesin terasa berat.

Biasanya kerak ini muncul akibat sil klep yang sudah lemah dan bikin oli rembes ke area klep 

Jadi selain ring piston, masalah sil klep juga bisa berpotensi bikin mesin motor hilang kompresi.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait