Tim WIMT 2022 Sukses Touring Sejauh 4.300 Km Jelajahi 5 Negara Asia

Tim WIMT 2022 Sukses Touring Sejauh 4.300 Km Jelajahi 5 Negara Asia


Tim WIMT 2022 saat jelajahi 5 negara di Asia.|Foto: dok. Eki|

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA - 25 riders Wonderful Indonesia Motorbike Touring (WIMT) 2022 baru saja menyelesaikan perjalanan sejauh 4.300 km dengan menempuh lima negara yaitu Malaysia, Thailand, Kamboja, Laos dan Vietnam.

Perjalanan diselesaikan dalam 16 hari, dari 18 Juli – 2 Agustus 2022. Dan untuk menyambut kesuksesan touring lintas negara tersebut, Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan diinisiasi Duta Besar Indonesia untuk Laos, Pratito Soeharyo mengadakan penutupan sekaligus menyambut Hari Kemerdekaan ke-77 Indonesia.

"Kegiatan touring lintas negara WIMT 2022 merupakan lanjutan dari kegiatan sejenis yang telah sukses diselenggarakan IMI pada 2019 lalu, juga menjadi sarana touring diplomasi yang efektif dalam menduniakan Indonesia melalui otomotif," kata Bambang Soesatyo, Ketua Umum IMI, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 20/8).

Direktur IMI Mobilitas Sepeda Motor, Joel D. Mastana, yang didaulat menjadi Ketua Penyelenggara kegiatan pada 2019 dan 2022 ini mengatakan, setelah adanya pandemi, akhirnya tim dapat meneruskan mengadakan WIMT yang ke-2.

"Perjalanan ini membawa misi mempromosikan pariwisata dan produk otomotif UMKM Indonesia ke dunia internasional, serta menjalin silaturahmi dengan komunitas sepeda motor internasional," kata Joel.

"Selain itu, kami juga memperkenalkan penggunaan Carnet CPD (Carnet De Passages En Douane) atau paspor mobil/motor yang penting dalam menggunakan kendaraan melintasi berbagai negara penerima Carnet. Indonesia melalui IMI merupakan salah satu negara yang dapat mengeluarkan Carnet,” sambungnya.

BACA JUGA:Kurangi Balap Liar, Street Race Siap Digelar di Kemayoran


Saat tim WIMT di perbatasan Kamboja - Laos.|Foto: dok. Eki|

Kegiatan touring lintas negara dengan tagline “Otomotif Indonesia mendunia” ini dilaksanakan bekerja sama dengan Anpreso Intenasional, dengan Ketua Pelaksana Bernard Santony.

"Kegiatan ini menunjukkan bahwa bikers Indonesia terlatih dengan baik dalam berkendara sehingga dapat menuntaskan perjalanan lebih dari 4.000 KM tanpa kesulitan berarti," kata Bernard, yang juga adalah seorang biker senior.

BACA JUGA:MG Raih Ratusan SPK di GIIAS 2022, Mobil Ini Jadi Terfavorit

Salah satu keunikan dalam WIMT 2022 adalah ke-25 biker peserta WIMT 2022 menggunakan motor yang berbeda, yaitu Harley-Davidson, Triumph Motorcycles, Victory Motorcyces, Ducati, Honda, Kawasaki, Royal Enfield dan BMW.

“Hal ini mungkin dapat menjadi tantangan, namun ternyata justru menunjukkan kemampuan riding para peserta yang mumpuni dan telah sering mengikuti safety riding, sehingga para biker Indonesia dapat menuntaskan touring di medan yang bervariasi, dengan menerapkan manajemen touring yang tepat,” jelas Bernard.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: