Tips Pilih Bahan Bakar Mobil: Sesuaikan dengan Rasio Kompresi, Jangan Asal Pakai RON Tinggi Ya Sob!

Tips Pilih Bahan Bakar Mobil: Sesuaikan dengan Rasio Kompresi, Jangan Asal Pakai RON Tinggi Ya Sob!


Pilih BBM sesuai kapasitas mesin mobil Anda berdasarkan RON ||Ilustrasi by Duitpintar.com

OTOMOTIFXTRA.COM - Dampak kenaikan harga BBM, tentu harus disikapi dengan bijak dan penuh perhitungan bagi para mobilmania.

Terutama dari segi memilih bahan bakar yang cocok untuk kendaraan kesayangan Anda, tentu juga harus cermat agar benar-benar tepat.

Tujuannya, sudah jelas, agar 'belanja' bahan bakar pada mobil tidak malah menjadi boros, bahkan performa jadi melorot gegara salah pakai bensin.  

Makanya, pilih jenis BBM jadi sangat penting, selain berkaitan dengan efisiensi juga bisa mempertahankan keawetan komponen kendaraan, terutama komponen mesin.

BACA JUGA:Hot Info: Toyota Diisukan Bakal Merilis Toyota Vios Terbaru Pekan Ini, Cek Spesifikasi dan Bocoran Harganya di Sini!

BACA JUGA:Bedah 3 Fitur Canggih di SUV Premium Peugeot, Buat Dukung Keselamatan Driver dan Kendaraan Lain, Lo!

Untuk itu, memilih BBM tak hanya bisa berdasarkan harganya saja, perlu juga disesuaikan dengan spesifikasi jenis kendaraannya.

+++++

Saat ini masyarakat memiliki cukup banyak pilihan untuk jenis BBM. Untuk bensin, mulai dari BBM dengan RON terendah yaitu 89 sampai dengan RON 98 dengan harga yang bervariasi.

Demikian pula solar, dari solar biasa hingga solar berperforma tinggi seperti Dexlite, Shell V-Power Diesel dan sebagainya.

Seperti dikutip dari duitpintar.com/asuransi/mobil/" target="_blank" rel="noopener">duitpintar.com, berikut ini tips untuk memilih jenis bahan bakar sesuai dengan kendaraan yang dimiliki.

Oh ya, bilangan oktan merupakan ukuran kemampuan dari bahan bakar untuk menahan knocking saat mesin dinyalakan di dalam silinder mesin pembakaran.

BACA JUGA:Terbongkar! Ternyata 4 Faktor ini Jadi 'Biang Keladi' Ban Mobil Mudah Kempes, Nomor 2 Jarang Disadari Mobilmania

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: duitpintar.com

Berita Terkait